Messi Raih Ballon D’Or 2009!

Lionel Messi akhirnya mencetak sejarah bagi Argentina setelah terpilih sebagai pemain terbaik Eropa, dan berhak mendapat penghargaan Ballon d’Or. Messi mengalahkan gelandang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang merupakan pemenang penghargaan ini tahun lalu, dan sekarang harus puas berada di posisi runner-up.

Perolehan suara Messi di penghargaan yang diberikan majalah France Football sangat signifikan. Hampir sebagian besar dari 96 anggota dewan yang merupakan wartawan dari seluruh dunia menjatuhkan pilihan kepada Messi. Total poin yang diperoleh adalah 473, dan itu menjadi rekor baru. Sedangkan Ronaldo hanya mendapatkan 233. Pemain Barcelona lainnya, Xavi, di peringkat tiga dengan poin 170.

Masuknya nama bintang Barcelona ini ke dalam nominasi peraih Ballon d’Or sempat memunculkan kontroversi, mengingat performanya bersama Argentina selama kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Conmebol tidak begitu bagus.

Namun raihan Messi bersama Barcelona di Liga Champions, La Liga dan Copa del Rey menjadi penilaian tersendiri bagi para juri. Di Liga Champions, Messi telah mencetak sembilan gol dari 12 pertandingan.

Pencapaian Messi ini tergolong menarik. Tahun 2007, Messi hanya menempati peringkat ketiga di bawah Kaka dan Ronaldo. Setahun kemudian, Messi duduk di posisi kedua di belakang Ronaldo.

Messi juga menjadi pemain asal Argentina pertama yang mendapatkan gelar pemain terbaik Eropa. Namun ia bukan menjadi pemain pertama di luar benua Eropa yang menyabet gelar ini. Pemain non-Eropa pertama yang mendapatkan Ballon d’Or adalah George Weah pada tahun 1995.

Oleh Donny Afroni (goal.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: