BPL ubah sistem jatah liga Champions ???

Logo liga championsLiga terpanas didunia, Liga Inggris (BPL : Barclays Premiere League) berencana untuk merubah sistem jatah untuk klub liga Inggris yang akan lolos ke liga Champions. Seperti yang kita tau, di liga Inggris memakai sistem 4 klub teratas diakhir kompetisi akan lolos ke liga Champions, 3 teratas akan lolos ke babak phase grup sementara yang urutan ke-4 akan lolos ke phase playoff untuk memperebutkan jatah phase grup melawan tim terbaik Eropa lainnya.

Rencana perubahan sistem akan menjadi : 3 tim teratas akan otomatis lolos ke liga Champions, sementara urutan 4-7 akan memperebutkan sisa jatah liga Champions melalui sistem playoff, yang lolos akan melengkapi 3 tim yang sudah otomatis lolos, sementara sisanya akan mewakili Inggris di liga Europa (dulu Piala UEFA). Namun semua ini masih dikaji lebih detail oleh FA.

Apabila sistem ini diberlakukan tentunya akan memberikan dampak positif dan negatif, berikut dampak positif dan negatif yang mungkin ada menurut aMe :

Positif :

  • Dengan sistem ini akan menambah pemasukkan klub karena akan mendapatkan hak siar TV diluar kompetisi reguler.
  • Klub-klub selain Big 4 memiliki kesempatan untuk merasakan atmosfer kompetisi liga Champions (selama ini memang menjadi rutinitas the Big 4 untuk menjadi wakil Inggris di kompetisi ini).
  • Akan menambah daya saing di liga Inggris untuk bisa masuk 7 besar pada klasemen akhir.

Negatif :

  • Klub yang menghuni urutan ke-4 klasemen akhir pastinya akan merasa sangat kecewa bila pada playoff mereka gagal, karena biasanya klub yang ada diurutan ke-4 langsung lolos ke playoff liga Champions.

Bagaimana menurut anda mengenai rencana BPL ini ? (sumber : Inilah.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: