Khasiat buah tomat

Tentunya buah tomat sudah tidak asing lagi bagi kita, selain kita bisa memakannya sebagai buah, tomat juga bisa memberikan rasa tambahan pada masakan sehingga berbagai macam masakan menggunakan tomat sebagai bahan bumbunya, ternyata tomat juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Rasa manis tomat yang menyegarkan ternyata tidak hanya untuk memberikan rasa berbeda pada masakan/minuman (juice), tomat tentunya mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, terutama untuk kulit.

Tim peneliti dari British Society for Investigative Dermatology yang merupakan gabungan dari Universitas Manchester dan Newcastle menemukan bahwa mengonsumsi lima sendok makan saus tomat per hari bisa membantu memperbaiki kulit dan melindunginya dari efek sinar ultraviolet. Hasilnya ternyata, tomat ampuh mencegah penuaan dini,bahkan pada pasien penyakit kanker.

Para peneliti menemukan kandungan antioksidan dalam tomat yang disebut lycopene. Antioksidan inilah yang berperan memberikan manfaat bagi kulit. Sementara itu, kandungan zat penting dalam tomat akan mencapai konsentrasi optimal apabila dimasak dengan benar. Selain itu, antioksidan tersebut juga mengurangi risiko terkena penyakit kanker prostat.

Para peneliti menyimpulkan zat antioksidan pada tomat tersebut juga memberikan perlindungan kulit dari efek negatif sinar matahari. Awalnya, para peneliti memberikan sekitar 55 gram saus tomat standar kepada 10 responden. Dalam saus tomat itu banyak sekali kandungan tomat asli. Selain itu, para responden juga diberi 10 gram minyak zaitun per hari. Untuk uji coba lainnya,mereka hanya diberi minyak zaitun. Setelah dilakukan percobaan tiga bulan, kulit dari responden yang mengonsumsi saus tomat menunjukkan 33% lebih terlindungi dari terbakar sinar matahari. Ini setara khasiat dari krim sinar matahari dan prokolagen level tinggi. Prokolagen merupakan molekul yang memberi kulit nutrisi dan menjaganya tetap kencang. Uji coba tersebut juga menggunakan sinar lampu ultraviolet.

“Diet menggunakan tomat bisa meningkatkan level prokolagen dalam kulit secara signifikan. Ini bisa meningkatkan level perbaikan kembali kulit yang telah mengalami penuaan,” papar Ketua Tim Peneliti Profesor Lesley Rhodes, seorang ahli dermatologi pada Universitas Manchester. Menurutnya, tingkat takaran tomat yang diberikan kepada responden tidaklah terlalu besar. Meski kuantitasnya kecil,ternyata mampu memberikan manfaat cukup signifikan.

Karena itulah, ia menilai tomat sangat potensial sebagai nutrisi tambahan yang sangat membantu. Bukan sekadar cara alternatif selain menggunakan krim anti sinar matahari. Namun, ini masih penelitian awal dan singkat sehingga tim peneliti masih memerlukan penelitian lanjutan guna mendapatkan analisis ilmiah tentang manfaat-manfaat lycopene bagi kulit. Tim peneliti juga tidak merekomendasikan kepada masyarakat agar meninggalkan penggunaan krim anti sinar matahari dan menggantinya dengan tomat.

6 responses to this post.

  1. salam..
    saat ini saya menjual CD cara bertani tomat yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

    Balas

  2. ane ga begitu suka tomat😀

    Balas

  3. Artikelnya keren banget … info bagus banget🙂 blog walking plugin can be downloaded blog-walk.com

    Balas

  4. wah saya suka tomat😀

    Balas

  5. hay.. aku yobel.. aku mau tukaran link ne.. kalo kamu mau pasang link aku yah di blog ini terus komfirm balik.. thx GBU

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: