Tips kesehatan : Aman menikmati kopi

Kita tentunya (khususnya blogger/netter) sering kali menghabiskan waktu menonton tv, bermain game PC, online, chatting, dll dalam kehidupan sehari-hari kita. Tentunya kopi merupakan teman sehati yang bisa menemani kita saat melakukan aktifitas tersebut khususnya yang memerlukan waktu hingga larut malam (lembur kerja, nonton bola, siskamling, dll). Tetapi apakah anda mengetahui selain kelebihan, kopi juga memiliki kekurangan yang tentunya sangat perlu diperhatikan agar kita bisa menikmati kopi tanpa mempengaruhi kesehatan kita, untuk itu ane bakalan berbagi tips mengenai “cara sehat mengkonsumsi kopi (aman)”, kelebihan meminum kopi dan juga kekurangan bila mengkonsumsi terlalu banyak kopi.

Berikut ini merupakan hal-hal positif dari mengkonsumsi kopi :

  • Mengurangi resiko diabetes, menurut peneliti di Harvard, mengkonsumsi 6 cangkir kopi hitam dapat mengurangi resiko terkena diabetes, 54% bagi pria dan 30% untuk wanita. Karena selain mengandung kafein, kopi juga mengandung antioksidan, dan mineral yang meningkatkan sensitifitas insulin dan metabolisme glukosa.
  • Menurunkan resiko terkena kanker kolon, kanker hati, dan sirosis hati (untuk penjelasan penyakit yang disebutkan silahkan googling),  Dua cangkir kopi sehari dapat menurunkan resiko kanker kolon sebanyak 25 persen, dan sirosis hati sebesar 80 persen. Antoksidan yang terkandung di dalam kopi dapat membantu melindungi sel dari radikal bebas yang seringkali dikaitkan dengan kanker dan kelainan otak degeneratif.
  • Mencegah kristalisasi batu empedu.
  • Mencegah serangan jantung.
  • Mencegah sakit kepala.
  • Mencegah kerusakan gigi (khususnya para perokok).
  • Membangun stamina.
  • Mencegah konstipasi.

Selain hal positif juga ada hal negatifnya :

  • Meningkatkan asam lambung, yang setahu saya akan membuat kita terkena maag.
  • Peningkatkan detak jantung, Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu. Kafeine mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif. Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengkonsumsi kopi agar tidak mengantuk-misalnya karena kekurangan tidur- disarankan agar konsumsinya disebar sepanjang hari.

Untuk menghindari hal-hal negatif yang ditimbulkan oleh kopi ane punya tipsnya :

  • Menjaga dosis, yang ane maksudkan disini tentunya dosis kita mengkonsumsi kopi dalam sehari, disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi lebih dari 300mg cafeine (3 cangkir) dalam satu hari, para peneliti menemukan tidak adanya hal negatif dari konsumsi kopi bila tidak melebihi batas.
  • Waspada pada sinyal bahaya konsumsi kopi, Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (mis: cepat marah). Saat sinyal itu ada lebih baik anda mengurangi konsumsi kopi.
  • Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi caffeine. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi.
  • Lima milligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama pada orang dengan gangguan hati dan campuran kopi dengan cream juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih. Caffeine juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Bagi yang sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
  • Kelompok berikut disarankan untuk menghindari kopi: wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan penyakit jantung dan pembuluh darah (misalnya hipertensi), kalau sudah termasuk dalam kelompok ini, maaf…harap bisa melupakan kopi.
  • Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan, dalam hal ini adalah ukuran tekanan darah. Semakin dini hipertensi diketahui, akan semakin baik untuk penatalaksanaan selanjutnya. JNC VII mengklasifikasikan hipertensi sebagai berikut :
Klasifikasi Sistolik (mmHg) Diastolik (mmHg)
Normal < 120 Dan <80
Pre Hipertensi 120-139 Atau 80-89
Hipertensi stage 1 140-159 Atau 90-99
Hipertensi stage 2 > 160 Atau

> 100

Jadi, mengkonsumsi kopi tidaklah selamanya merugikan bagi tubuh kita, selain ada kekurangannya kopi juga memiliki khasiat bagi tubuh, yang jelas jangan mengkonsumsi kopi melebihi batas, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. (sumber : Andaka & Kompasiana)

4 responses to this post.

  1. minum kopi disamping nikmat juga bisa untuk kesehatan

    Balas

  2. […] Tips kesehatan : Aman menikmati kopi […]

    Balas

  3. Posted by 'Ne on 24 Juni 2010 at 06:00

    wah saya termasuk orang yang tak suka kopi. karena kebetulan punya penyakit maag, tapi mungkin jika sedikit gak apa-apa kali ya, ternyata banyak juga manfaatnya🙂

    Balas

    • Posted by whyaeff888 on 24 Juni 2010 at 16:25

      Kalau maag apalagi nggak suka kopi mendingan ga sah aja gan…nyari aman…he…he…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: