Tips : Diet golongan darah

Diet, mungkin kata itu merupakan hal yang malas didengar sebagian orang dan juga sangat diperhatikan oleh sebagian lainnya, khususnya yang memang dirasa kelebihan berat badan. Banyak orang yang melakukan diet demi mendapatkan berat badan ideal, menjaga berat badan, dan juga hanya sekedar untuk bisa tetap kurus (sebagian artis wanita selalu mengidamkan badan kurus).

bebagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal, bagi yang berduit mereka melakukan sedot lemak, mandi uap (spa) atau membeli obat-obatan dari ahlinya yang tentunya harganya tidak murah. Bagi orang-orang yang kondisi ekonominya menengah kebawah mungkin menjaga nafsu makan agar tidak berlebihan atau menjaga pola makan merupakan pilihan terbaik untuk berdiet.

Tapi ada metode lain berdiet yang disesuaikan dengan golongan darah, diet golongan darah, diet ini pertama dikemukakan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, seorang Naturopatis dari Amerika. Menurutnya setiap orang memiliki kebutuhan berbeda-beda untuk memaksimalkan metabolisme tubuh.

Untuk itu disini saya akan berbagi tips berdiet menggunakan diet berdasarkan golongan darah, tipe makanan akan dibagi dalam 3 golongan, yaitu makanan yang bermanfaat (baik), makanan yang bersifat netral (netral), dan makanan yang seharusnya dihindari (tidak baik) :

Golongan darah O :

  • Baik : Brokoli, ubi, waluh, selada, ganggang laut, lobak china, bluberi, ceri, jambu biji, bumbu kari, kacang polong, kacang merah, semua jenis bawang, rumput laut, jahe, kailan, kunyit, Daging ( sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi ).
  • Netral : Ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, ikan sardine, udang, telur (ayam, bebek), mentega, kacang ( hitam, merah, buncis, kedelai ), tempe, tahu, susu kedelai, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, terung, tomat, labu, Daging ( ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun, kelinci).
  • Tidak baik : Daging babi, cumi-cumi, sotong, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt(semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, bunga brokoli, kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras.
  • Olahraga yang cocok : Aerobik.

Golongan darah A :

  • Baik : Bayam, brokoli, wortel, jamur ikan mas, kacang tanah, kacang buncis, kacang/ susu kedelai, tahu, tempe, tepung beras, bluberi, minyak zaitun, ikan mas, ikan sardine, (Siput, jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau & sitrun).
  • Netral : Ikan tuna, telur ayam & bebek, telur puyuh, biji wijen, biji bunga matahari, kacang ercis / kapri, jagung, tapioka, roti gandum, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur (semua jenis), melon, blewah, pir, delima, kiwi, kurma, strowberi, kesemek, jambu biji, Daging (ayam, burung unta, belibis kalkun,burung dara).
  • Tidak baik : Daging (sapi, kerbau, domba, bebek, angsa, kelinci, ayam hutan), lobster, gurita, kepiting, belut, kodok, udang, cumi- cumi, mentega, susu sapi, keju, es krim, susu, murni, acar, terung, tomat, ubi, kentang, jeruk, kelapa/ santan, melon madu, pisang (raja), pepaya, pare, air soda.
  • Olahraga yang cocok : Yoga, Tai Chi, Meditasi.

Golongan darah B :

  • Baik : Ikan laut, susu sapi, keju, buburgandum, roti essene, kue beras, brokoli, ubi, wortel, kembang kol, terung, teh hijau, Daging (kambing, domba, kelinci, rusa).
  • Netral : Cumi-cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji, Daging (sapi, kerbau, kalkun, hati anak sapi).
  • Tidak baik : Daging (bebek, ayam, angsa, belibis, babi, kuda, keong, kepiting, siput, belut, kodok, gurita, lobster, es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), kacang tanah,roti gandum,tomat, waluh, jagung, avokad, pare, delima, kelapa/ santan, kesemek, belimbing, pir, air soda, minuman beralkohol.
  • Olahraga yang cocok : Renang, tenis, jalan kaki.

Golongan darah AB :

  • Baik : Ikan sardin, ikan tuna, susu kambing, putih telur (ayam), keju ricotta, krim asam (rendah kalori), the hijau, anggur merah, Daging (domba, kelinci, kalkun).
  • Netral : Cumi-cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji, Daging burung unta.
  • Tidak baik : Daging (sapi, kerbau, ayam, bebek, angsa, babi, rusa kuda), lobster, kepiting, kodok, mentega, es krim, telor bebek, kacang hitam, acar, jagung, belimbing, delima, pare, pisang, kelapa, kesemek, jambu biji, mangga, saus tomat, kopi, soda, minuman beralkohol.
  • Olahraga yang cocok : olahraga pagi hari.

Tapi kalau menurut ibu saya “Ora usah diet-diet, mengko nek mangsane kuru bakalan kuru dewek” artinya : “Tidak usah diet-diet, nanti kalau sudah waktunya kurus juga bakalan kurus sendiri”, bagaimana menurut anda ? (sumber : www.isdaryanto.com & http://www.tanyadokteranda.com)

3 responses to this post.

  1. Thanks atas infonya sobat.. n makasih atas linknya.. ssegera saya pasang juga utk linkbacknya ya

    Balas

  2. makasih infonya..sangat bermanfaat..
    mohon sumbernya dikasih http://
    thx…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: