Tips : Menjaga kesehatan telinga

Tentunya telinga merupakan indera yang sangat penting bagi kehidupan kita selain indra lainnya yang juga tidak kalah penting untuk dijaga kesehatannya. Tapi kali ini Dunia aMe akan membahas sedikit tentang bagaimana menjaga kesehatan telinga anda agar bisa terus berfungsi dengan baik tanpa mengalami gangguan.

Banyak orang yang menjaga kebersihan telinganya dengan mencongkelnya menggunakan alat bantu yang terbuat dari besi/almunium. tahukah anda bahwa penggunaan alat seperti itu dapat berakibat buruk bagi telinga anda ? bisa-bisa telinga anda lecet karena gesekan alat itu, atau mungkin terlalu dalam mencongkelnya sehingga mengganggu gendang telinga anda.

Pada liang telinga, tepatnya di 1/3 bagian luar telinga yang berbulu, terdapat kelenjar minyak atau serumen. Ini berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran, serangga, serta bakteri. Dalam keadaan normal kelenjar ini akan mengeluarkan minyak sedikit demi sedikit, meleleh keluar ke daun telinga ikutilah ear theraphy. Limbahnya menyerupai kotoran yang liat atau lembek, namun akan mengering dengan sendirinya. Setelah kering, kelenjar tadi akan memproduksi minyak kembali. Demikian mekanisme kerjanya dalam membersihkan telinga secara alami. Tetapi kalau liang telinga terlalu sering dirangsang, kelenjar ini akan mengeluarkan minyak berlebihan yang justru kurang baik buat kesehatan telinga contohnya dengan ear wax candle/ear candle.

Kalau diketahui ada kotoran yang telah mengeras di dekat gendang telinga, harus segera diperiksakan ke dokter ahli THT atau bisa juga menggunkan ear candle/ear wax candle. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran tersebut. Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar. Infeksi yang barangkali timbul lantaran iritasi kotoran itu diatasi dengan pemberian obat antibiotika.

Di samping bisa mengakibatkan infeksi, kotoran membatu tadi akan menyebabkan telinga terasa sakit atau agak tuli sehabis berenang (terapilah dengan spa ear candle). Sebab air yang masuk akan terhalang keluar. Bahkan, kalau lubang telinga yang tersumbat hanya sebelah, bisa mengakibatkan pusing atau vertigo (berputar), terutama bila Anda berenang di air dingin. Untuk itu mungkin pilihan terbaik dalam menjaga kesehatan telinga anda adalah dengan memeriksakan diri ke ahli THT, atau menggunakan terapi ear candle, semoga informasi kesehatan ini berguna untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: