Hobiku Mata Pencaharianku

Salam blogger kawan-kawan semua, udah lama banget kayaknya nggak update blog ini, soalnya sekarang fokus udah kebelah sama kegiatan sehari-hari jadinya nggak fokus ngurusin blog, nggak kayak dulu waktu masih main doang kerjaannya jadi bisa fokus update blog terus. Kemarin nggak sengaja lagi googling nemu info kontes artikel di cekaja makanya sambil update blog sambil berharap bisa menang kontes, hehe… artikel ini adalah kontes menulis cekaja.

cekaja-blogger-contest-2

Untuk kesempatan kali ini saya bakalan membahas mengenai hobi kita yang bisa jadi sumber penghasilan kita, contohnya banyak banget lho, mulai dari yang punya hobi surfing internet bisa jadi punya usaha penjualan online, mungkin ikutan kontes blogging, SEO dan lainnya. Ada juga yang hobi main bola, bisa jadi pemain bola yang dikontrak klub, nggak usah muluk-muluk dulu jadi pemain bola yang bisa main di Eropa, di liga nasional aja udah bisa buat jadi pemasukan tetap tiap bulannya (asal klub nggak terlambat bayar gaji pemainnya ya, hehe..) ada juga yang lebih keren, pembalap MotoGP, mereka itu mendapatkan bayaran sampai jutaan dollar tiap tahunnya karena hobi mereka balapan motor, belum lagi pendapatan dari sponsor yang nilainya ajib banget, bayangin aja, pembalap MotoGP kelas Vinnales yang masih newbie dan belum tersohor macam juara dunia legendaris MotoGP Valentino Rossi aja pasti udah dapet diatas 1 juta dollar tiap tahunnya, ajib kan…

Kalau kawan-kawan sekalian ini sekarang karirnya sesuai hobi nggak? Sebenarnya nggak semua hobi juga bisa dijadiin karir, masa hobi makan mau dijadiin karir? Tapi bisa juga, jadi pemilik resto makanan favorit sendiri juga bisa kan? Ya nggak?. Banyak juga yang karirnya sama hobinya sendiri-sendiri, karena mungkin skillnya mateb buat jadi akuntan tapi hobinya naik gunung, boleh kan, sah-sah aja, asal jangan kayak para koruptor kita yang hobi makan duit rakyat, tapi enak juga, ketangkep, dipenjara, fasilitas mewah, paling juga masa tahanan sebentar, belum potong resmisi, keluar masih kaya juga, hahaha… tapi jangan sampe deh korupsi kawan, didunia bisa kaya raya tapi di akhirat kelak kita bakalan dapet ganjarannya, yang pastinya nggak ada fasilitas mewah, masa tahanan pasti lama pake banget, nggak ada remisi-remisian dan yang pasti nggak ada jalan keluar untuk tetep kaya raya.

Kalau saya hobi main bola, tapi stamina ama bentuk badan yang kurang proporsional dan gampang ngos-ngosan nggak mendukung untuk jadi pemain bola, ane juga hobi otak-atik motor untuk jadi motor balap, malah ane udah pernah ikutan road race kelas nasional, lumayan juga saat debut bisa finish ke-6 dari sekitar 18 pembalap lokal, tapi sayangnya cuma bisa ikutan 1 kali doang, soalnya biaya untuk ngikut acara balap mulai dari pemeliharaan motor, ban, bahan bakar ampe ongkos mekanik lumayan gede, jadinya ane mutusin untuk nggak nerusin lagi dah, kasian ortu yang waktu itu udah ngabisin banyak duit buat ngerakit motornya.

Akhirnya saya memutuskan untuk fokus menyelesaikan kuliah saya di jurusan manajemen informatika, emang saya seneng ama yang berhubungan sama komputer udah dari SMA, mulai dari perakitan, instalasi sampe makenya juga seneng apalagi buat main FM. Awalnya setelah lulus kuliah saya kerja disalahsatu perusahaan pembiayaan mobil kelas nasional sebagai admin, lumayan lama saya menjalani karir sebagai orang kantoran, sekitar 2,5 tahun akhirnya saya memutuskan untuk merubah haluan menjadi marketing mobil, memang susah dan sambil belajar sambil menuhin target penjualan, dari tiap jualan mobil pemasukannya lumayan gede, tapi saya nggak pernah target dan sering dikibulin makelar, mungkin karena memang nggak bakat jualan mobil dan terlalu polos (kertas kali polos, hehe…). Setelah itu saya memutuskan untuk kerja pada perusahaan distributor makanan, lumayan juga gajinya, penjualan sering target karena memang udah ada beberapa kenalan took-toko kelontong yang siap membeli produk yang saya jual, tapi setelah berjalan sekitar 6 bulan saya diminta untuk pindah keluar kota untuk masuk ke kantor pusat distributor tersebut, karena memang saya yang kurang suka berada jauh dari keluarga akhirnya saya memutuskan untuk resign saja dari perusahaan tersebut.

Lumayan bingung mau ngapain awalnya, akhirnya mutusin untuk mulai nerima servisan komputer dan laptop, mulai dari kerusakan hardware sampai software, saya yang memang udah seneng sama oprak-oprek komputer jadi nggak terlalu kesulitan menjalani hobi yang menghasilkan uang juga buat saya. Awalnya ngerjain komputer punya temen sendiri pake bayaran seduluran (seenaknya aja), terus dari temen itu mulai nyebar deh beritanya akhirnya pelan-pelan mulai banyak servisan, mulai dari temennya temen sampai orang yang saya nggak kenal mulai mempercayakan saya untuk menyervis komputer mereka (pengetahuan saya mengenai servis komputer masih standar lho, belum kelas dewa) tapi saya tetap tidak mematok bayaran, tapi syukur semuanya rata-rata yang biru sama yang merah, hehe… sekarang saya juga dipercaya untuk menjadi teknisi tetap namun tidak terikat kontrak kerja di koperasi desa dekat daerah tempat tinggal saya sekitar 30 menit perjalanan, lumayan juga cabangnya udah ada 3 jadi pendapatannya juga nambah, setidaknya cukup untuk ngisi perut anak istri sampai bayar tagihan listrik plus susu anak. Itulah cerita ane tentang hobiku mata pencaharianku, buat rekan semua yang mungkin punya pengalaman mengenai hobi yang menjadi mata pencaharian juga mari dishare disini, siapa tau bisa jadi gambaran buat mereka yang ingin menjadikan hobi menjadi mata pencaharian, maaf kalau tulisannya belepotan, maklum bukan penulis professional, kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan dari kawan-kawan semua, salam blogger.

One response to this post.

  1. Aku juga, hobi layangan dan menulisku adalah mata pencaharianku, aku suka banget layangan sama ngeblog, dan aku jadikan pekerjaan sehari hari, hasilnya lumayan bisa menutupi kebutuhan walau gak banyak sih. Btw komentar baliknya di artikel layanganku, klik https://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/05/ternyata-hobi-layangan-di-campur.html

    Balas

Tinggalkan Balasan

